Friday, 21 December 2012

contoh tumbuhan insektivora

contoh tumbuhan insektivora

Pengertian dan contoh tumbuhan insektivora – Di jelaskan bahwa pengertian tumbuhan insektivora ialah sebutan untuk organisme yang makanannya adalah serangga dan hewan kecil lainnya. Banyak cara yang di lakukan tumbuhan ini untuk memakan hewan kecil di sekitarnya, tetapi tumbuhan ini tidak bisa melukai manusia.

contoh tumbuhan insektivora :

contoh tumbuhan insektivora Kantung Semar (Nephantes sp)

Dalam bahasa latinnya Nepenthes sp (dalam bahasa Inggris disebut Tropical pitcher plant) adalah Genus tanaman yang termasuk dalam famili monotipik. Tanaman yang terdiri atas sedikitnya 103 spesies ini mempunyai keunikan karena hampir seluruhnya merupakan tanaman karnivora, pemakan daging. Selain karnivora juga memiliki keunikan pada bentuk, ukuran, dan corak warna kantongnya. contoh tumbuhan insektivora ini Cara memakan mangsanya Awalnya kantung semar “memancing” serangga dengan cara mengeluarkan aroma dari kelenjar nektar di kantongnya, supaya mendekati bibir kantong. Setelah itu serangga akan tergelincir dan masuk ke dalam kantung dan terjebak dalam cairan kantung. Cairan asam berfungsi mencabik-cabik tubuh serangga menjadi molekul besar yakni protein.

contoh tumbuhan insektivora Venus Fly Trap (Dionaea muscipula)
mulai dipelajari pada abad 17 dan 18. Jika diterjemahkan secara harfiah maka Venus Flytrap berarti Venus Penjerat Serangga, cukup mampu untuk membangkitkan imajinasi seakan akan tumbuhan ini bergerak menangkap lalat, bagaimana jika tumbuhan ini hidup pada masa pra sejarah dan yang ditangkap adalah binatang melata. Cara memakan mangsanya dengan Seluruh serangga yang berukuran kecil terperangkap dalam jebakan (trap), sedangkan serangga yang berukuran lebih besar seperti Belalang dan Tawon, posisi kepalanya ada diluar trap (gambar 3c). contoh tumbuhan insektivora ini memiliki satu set kelenjar yang terletak di dasar dekat struktur yang menyerupai rambut (gambar 3a dan 3c) yang akan mulai bekerja mensekresikan attractant ketika trap membentuk sudut 90O, sehingga ketika ada serangga yang hinggap di antara rambut-rambut tersebut, maka trap tersebut akan menutup. Didalam trap tersebut juga diproduksi cairan asam enzimatik yang akan menguraikan jaringan hidup, mengubahnya menjadi bentuk yang dapat dimakan oleh tanaman tersebut.

sumber

No comments:

Post a Comment